Profil

Asril Novian Alifi lahir di Sidoarjo — Jawa timur Pada hari guru 25 November 1986. Seusai menamatkan kuliahnya di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga Surabaya, ia bergabung di Gerakan Indonesia Mengajar sebagai Pengajar Muda Angkatan I, yang ditempatkan di Desa Indraloka I Kecamatan Way Kenanga — Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung. Setelah itu, ia sempat menjadi kepala sekolah di SD Plus Mutiara Ilmu Pandaan, Jawa Timur. Saat menjabat kepala sekolah, ia juga pernah mengikuti Short Course Class Room Supervision yang diselenggarakan oleh SEAMEO Qitep in Science.

Ia juga beberapa kali berkesempatan untuk menjadi tim konsultan di beberapa dinas pendidikan di Indonesia, seperti Dinas Pendidikan Kota Surabaya — Jawa Timur (2012-2016), Dinas Kabupaten Blora — Jawa Tengah (2018), dan Dinas Kabupaten Aceh Barat Daya (2018). Sampai saat ini, ia juga mengemban status sebagai Pedagogic Advicer pada program Tubaba Cerdas dan Guru Penggerak, yang diinisiasi oleh Pemerintah Daerah Tulang Bawang Barat, Lampung.

Tulisan-tulisannya juga pernah termuat dalam buku antologi Indonesia Mengajar : Kisah 51 Pengajar Muda di Pelosok Daerah (Bentang, 2011) dan juga Romantika Guardian Angel Membangun Sekolahnya Manusia (Mizan, 2013). Pada tahun 2017, ia menerbitkan buku tunggalnya berjudul Rockstar Teacher (Bentang 2017). Dan satu tahun berikutnya buku ke duanya bergenre kumpulan puisi berjudul Ulang-alik (Pagan Press, 2018) terbit secara terbatas.

Sekarang ia mengisi aktivitasnya sehari-hari dengan menulis, mengajar, melakukan kerja-kerja sosial, dan menjadi narasumber untuk seminar dan pelatihan di bidang pendidikan ke berbagai penjuru Indonesia, mulai dari Aceh sampai Papua.