BUKU SAYA

SOLO

Judul buku : Ulang-alik (Kumpulan Puisi)

Penulis : Asril Novian Alifi

Penerbit : Pagan Press.

Buku ke dua saya ini bergenre puisi. Diterbitkan oleh Pagan Press dalam jumlah terbatas. Berisi 27 puisi saya yang memuat berbagai refleksi dan imajinasi yang bergentayangan di kepala saya, terutama saat saya terjebak dalam berbagai perjalanan. Baik itu perjalanan kerja, perjalanan wisata, atau sekadar perjalanan menelusuri sudut-sudut kehidupan.

Judul buku : Rockstar Teacher

Penulis : Asril Novian Alifi

Penerbit : Bentang Pustaka

Ini adalah buku tunggal pertama saya. Berisi tentang imajinasi saya mengenai bagaimana seharusnya kegiatan belajar mengajar di kelas berlangsung. Di sini saya menganalogikan kegiatan belajar mengajar dengan konser musik rock yang selalu energik. Guru sebagai seorang rockstar di dalam kelas harus memiliki stamina kreatif yang prima agar bisa terus menampilkan “pertunjukan ilmu pengetahuan” yang memukau siswa-siswanya.

Di buku ini banyak saya paparkan tahapan-tahapan yang harus dilakukan guru untuk menjadi rockstar bagi para siswanya. Tak lupa juga saya sertakan conoth-contoh yang bersumber dari pengalaman-pengalaman pribadi dan dari pengalaman banyak kawan-kawan guru dan stakeholder pendidikan di berbagai daerah di Indonesia.

Buku ini bisa didapatkan di toko buku Gramedia, Toga Mas, Kharisma, dan toko-toko buku lain kesayangan Anda.

ANTOLOGI

Judul Buku : Romantika Guardian Angel Membangun sekolahnya Manusia
Penulis : Munif Chatib, dkk.
Penerbit : Mizan, 2013

Kumpulan tulisan dari para alumni Guardian Angel , atau sering disebut juga dengan GA, yaitu sebuah program perkuliahan extension yang diadakan oleh Lembaga konsultan Pendidikan, Next Edu, Surabaya dan Lazuardi Next, jakarta. Kedua lembaga tersebut dipelopori oleh Munif Chatib, Salah satu pakar pendidikan yang terkenal lewat buku yang ditulisnya berjudul Sekolahnya Manusia. Program GA diikuti oleh para stake holder pendidikan, mulai dari guru, kepala sekolah, Direktur Sekolah, Ketua Yayasan, Pengawas sekolah, dan orang-orang yang peduli dengan pendidikan.

Diadakan selama 6 bulan berturut-turut dengan jadwal pertemuan 4 hari dalam sebulan. Saat ini GA sudah melahirkan ratusan alumni dari sembilan angkatan. Alumni-alumni tersebut bertugas untuk menjadi Malaikat Penyelamat bagi sekolahnya masing-masing untuk menyukseskan sekolahnya menjadi sekolahnya manusia. Sebuah konsep sekolah berbasis Multiple Intellegences yang memanusiakan manusia dan memandang semua siswa cerdas.

Dan buku ini adalah kisah jatuh bangun mereka (alumni GA) dalam mengembangkan sekolahnya. Di buku ini saya mengisahakan salah satu special moment yang saya jumpai saat menjabat sebagai Sekolah di SD Mutiara Ilmu, Pandaan Jawa Timur.

Jika Anda adalah orang yang tertarik dengan dunia pendidikan, buku ini sangat recomended.

Semoga menginspirasi… ^__^

Judul buku : Indonesia Mengajar

Penulis : 51 Pengajar Muda Angkatan 1

Penerbit : Bentang Pustaka

Buku Antologi pertama saya yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2011. Berisi kisah-kisah kami, 51 pengajar muda mengabdi selama setahun di berbagai pelosok daerah di Indonesia. Sebenarnya tulisan-tulisan yang ada di buku ini berasal dari blog kami yang ada di http://www.indonesiamengajar.org . Kemudian Penerbit bentang tertarik menerbitkannya menjadi sebuah buku antologi memoar. Launching pertama buku ini diadakan di acara Kick Andy metro TV edisi 4 Desember 2012, (bisa dilihat tayangannya disini http://www.youtube.com/watch?v=-stJeSx9v5Y ) , selang beberapa hari setelah kami pulang dari masa tugas.